Header Rabu, 20 September 2017

Stadion Perjiwa Tenggarong Kalimantan Timur

Dibuat oleh Ari Hermansyah Pada Selasa, 10 November 2015 14:27 - Indonesia

Stadion Perjiwa Tenggarong Kalimantan Timur

Stadion Perjiwa merupakan stadion bagian dari gelanggang olahraga GOR Aji Imbut yang terletak di kabupaten terkaya di Indonesia, Tenggarong Kalimantan Timur. Dulunya stadion ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga. Stadion yang dibangun pada tahun 2005 dengan menelan biaya sebesar 899 miliar rupiah ini resmi di buka pada 18 Juni 2008 sebagai salah satu stadion yang digunakan dalam PON VXII 2008 di Kalimantan Timur.


Penamaan GOR Aji Imbut ini sebagai bentuk penghargaan bagi sosok figur yang sangat berjasa bagi perkembangan dan kemajuan Kutai Kartanegara. Adalah Aji Imbut gelar yang di dapat oleh sultan Aji Muhammad Muslihuddin yang kemudian di tetapkan dan di resmikan sebagai nama dari gelanggang olahraga ini oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak pada tanggal 28 Maret 2011.


Stadion Perjiwa sering disebut-sebut sebagai stadion tercanggih dan termewah di Indonesia dan mengalahkan Stadion Utama Palaran serta Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas serba modern dan canggih, wajar saja jika asumsi itu layak di sandang oleh stadion berkapasitas 35.000 orang penonton ini.

Advertisement

Stadion ini merupakan stadion yang mempunyai lapangan standar Erofa dan dilengkapi dengan atap dengan sistem model knock down. Atap dari stadion ini dapat distel menutup dan membuka secara digital, yang menjadikan stadion ini adalah satu-satunya stadion di Indonesia yang menerapkan sistem atap seperti ini.


Selain stadion yang megah dan mewah, di komplek gelanggang olahraga ini terdapat beberapa fasilitas lain seperti lapangan panahan, gedung beladiri, lapangan tembak, juga asrama atlet yang dapat menampung sebanyak 544 atlet dari berbagai cabang olahraga.


Mitra Kukar sebagai tim sepakbola profesional dari Kutai Kartanegara menjadikan Stadion Perjiwa ini sebagai homebase mereka dalam berbagai kompetisi sepakbola di Indonesia. Selain di dukung dengan finansial yang kuat, stadion mewah ini salah satu magnet tersendiri bagi para pemain bintang terpincut pada tim ini salah satunya adalah dengan fasilitas dan wahana olahraga yang sangat mendukung bagi perkembangan fisik dan skill para pemain.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top