Header Rabu, 22 November 2017

Miris, Stadion Utama Riau Rusak Tak Terurus

Dibuat oleh Ari Hermansyah Pada Selasa, 10 November 2015 14:47 - Indonesia

Miris, Stadion Utama Riau Rusak Tak Terurus

Stadion Utama Riau merupakan salah satu bukti kemajuan sepakbola Indonesia terutama dalam sarana olahraga salah satunya yakni stadion. Terletak di Kota Pekanbaru Riau, stadion ini adalah stadion termahal yang pernah di buat oleh Indonesia dengan menghabiskan biaya sebesar 1,18 triliun rupiah. Sudah terbayang pastinya bagaimana mewahnya stadion kebanggan Riau ini.


Mulai di bangun pada Oktober 2009 lalu oleh Pemerintah Provinsi Riau, stadion ini selesai dibuat dan mulai resmi dibuka pada tahun 2012 dalam rangka pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional 2012 di Provinsi Riau kala itu.


Stadion yang dapat menampung penonton sebanyak 44.000 orang penonton ini sempat menjadi tempat pergelaran kualifikasi Piala Asia AFC U22 pada tahun 2012. Menjadikan Stadion Utama Riau sebagai kandang timnas U-22 dikarenakan stadion ini paling layak dipakai serta untuk mengisi kekosongan jadwal pertandingan di Stadion Utama Riau pasca PON 2012.

Advertisement

Itu adalah potret Stadion Utama Riau tiga tahun silam. Coba kita tengok Stadion termahal ini sekarang, akibat jarang digunakan stadion ini terlantar dan tak terurus. Hal ini sangat disayangkan sekali mengingat biaya yang dikeluarkan sungguh besar, jika dibandingkan dengan rata-rata stadion di Indonesia, biaya sebesar itu dapat membangun 6-10 stadion standar Indonesia.


Bahkan Menpora Imam Nahrawi sudah mengunjungi stadion ini dibuat menggelengkan kepala dan menarik nafas panjang. Bagaimana tidak, stadion mewah nan megah ini bisa terlantar begitu saja oleh Pemerinta setempat. Kabarnya beliau akan sesegera mungkin merenovasi stadion kebanggaan Riau ini dalam jangka dekat.


Tragisnya lagi, Provinsi Riau masih mempunyai utang ratusan miliar rupiah pada kontraktor. Namun kita lihat kembali, utangnya saja belum lunas, stadionnya sudah rusak dan tak terurus. Sungguh sebuah pukulan tersendiri dan PR serius bagi Pemerintahan Riau dalam perawatan Stadion termahal di Indonesia ini.


Rumput stadion dengan kualitas terbaik kini sudah sirna dan kering berganti dengan rumput liar dan ilalang. Kursi mahal dengan penyangga-penyangga besinya mulai berkarat. Selain itu, fasilitas lainnya juga mudah rusak seiring dengan pengerjaannya yang dikejar waktu sehingga terbilang sangat tergesa-gesa.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top