Header Rabu, 22 November 2017

Stadion Maguwoharjo Kabupaten Sleman

Dibuat oleh Ari Hermansyah Pada Selasa, 10 November 2015 15:39 - Indonesia

Stadion Maguwoharjo Kabupaten Sleman

Stadion Maguwoharjo terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan kapasitas 40.000 penonton. Mulai dibangun pada tahun 2005 dengan anggaran biaya menghabiskan kurang lebih 100 miliar rupiah ini resmi di buka pada tahun 2007. Stadion ini sempat mengalami renovasi akbiat gempa bumi yang melanda Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006 silam.


Stadion Maguwoharjo adalah homebase resmi dari tim kebanggaan Sleman yakni PSS Sleman. Selain PSS Sleman, 2 tim sepakbola profesional lainnya seperti Persiram Raja Ampat dan Real Mataram FC juga sempat menggunakan Stadion ini sebagai markas mereka dalam laga kandang di semua kompetisi tanah air.

Advertisement

Stadion ini terinspirasi dari Stadion San Siro Milan dengan menara khas yang terdapat di empat penjuru stadion. Stadion dengan tipe modern ini tidak memiliki lintasan atletik yang hampir 80% stadion di Indonesia memakainya. Dengan tidak adanya lintasan atletik seperti itu, penonton akan lebih nyaman dalam menyaksikan pertandingan karena terbilang cukup dekat dengan lapangan langsung.


Stadion ini pada awalnya sudah direncanakan untuk pemasangan lampu dan dananya pun sebenarnya sudah siap. Namun ketika bencana alam kembali menimpa Sleman dan sekitarnya tepatnya ketika gunung merapi meletus, dana yang tadinya untuk pemasangan lampu pada akhirnya digunakan dulu untuk untuk dana tanggap bencana. Akhirnya pada Janurari 2013, rencana pemasangan lampu di stadion ini terwujud. Hasilnya, 72 buah lampu sudah di pasang di sisi barat dan timur stadion. Hal ini untuk memungkinkannya menggelar pertandingan di malam hari.


Stadion yang menjadi kebanggaan warga Sleman ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang modern seperti rumput dengan kualitas standar nomer satu FIFA yakni Zoyzia Matrelia Linmer yang dapat meminimalisir resiko cedera pemain. Selain itu, di stadion megah ini terdapat pula ruang ganti pemain, base pemain, kamar tidur/apartement untuk pemain, 4 tribun (tribun biru/VIP/VVIP, tribun merah/timur, tribun hijau/utara, tribun kuning/selatan) lengkap dengan toilet dan kantin, papan skor elektronik, loket karcis, ruang kantor serta aula stadion. Stadion ini pernah menjadi tempat pergelaran pertandingan Internasional seperti halnya Friendly Match Timnas Indonesia baik itu senior maupun junior dengan negara lain.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top