Header Rabu, 20 September 2017

Stadion Manahan Solo

Dibuat oleh Ari Hermansyah Pada Selasa, 10 November 2015 15:45 - Indonesia

Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan terletak di Kota Solo, Jawa Tengah dengan kapasitas 35.000 penonton. Stadion ini merupakan homebase dari klub sepakbola Persis Solo dalam berbagai ajang kompetisi di tanah air. Mulai di bangun pada tahun 1989 dan diresmikan pada tahun 1998 langsung oleh Presiden RI Soeharto. Stadion ini adalah stadion Indonesia pertama yang menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tengara, ASEAN Paragames pada tahun 2011 lalu.


Stadion Manahan adalah salah satu stadion paling representatif untuk menggelar berbagai event pertandingan nasional maupun internasional. Hal ini dikarenakan lokasi stadion yang sangat strategis tepat di pusat kota Solo tepatnya di Jalan Adi Sucipto yang berdekatan dengan hotel, pusat perbelanjaan, bandara serta jalan raya.


Di tahun 2008 stadion ini resmi ditutup sementara karena di lakukan renovasi terutama pada drainase. Renovasi drainase ini menghabiskan dana sebesar 1,6 miliar rupiha untuk menghilangkan pandangan buruk bagi stadion yang kerap dilanda banjir apabila turun hujan dengan curah tinggi. Semua struktur lapangan dirombak, rumput lokal stadion ini pun dicabut dan diganti dengan rumput kelas internasional jenis Dactylon Cynodon (rumput bermuda). Untuk konstruksi drainase seperti pipa-pipa dan filter pasirnya didatangkan dari Malaysia.

Advertisement

Dalam upaya menyempurnakan permukaan lapangan, dibuthkan 1600m3 yang disuplai langsung dari Yogyakarta yang memang pasir dari daerah ini tidak terlalu banyak mengandung garam. Dengan renovasi besar-besaran ini akhirnya Stadion Manahan dapat mengatasi masalah lokal mereka dalam hal mengatasi banjir sekaligus menghapus julukan stadion pelanggan banjir.


Setelah hampir satu tahun lamanya renovasi dilakukan, akhirnya pada Juli 2009 renovasi stadion ini selesai dirampungkan dan kembali difungsikan. Event olahraga besar Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (PORPROV JATENG) di tahun 2009 menjadi ajang pertandingan pertama Stadion Manahan pasca dilakukannya renovasi yang menelan biaya besar ini.


Fasilitas yang disuguhkan dari Stadion Manahan ini meliputi tribun tertutup, ruang sekretariat, ruang medis, ruang konfrensi pers, ruang wartawan, ruang ganti pemain, ruang wasit, toilet dan 32 unit toilet ini sebagian besar terdapat di tribun penonton serta ruang pemanasan bagi pemain.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top