Header Minggu, 19 November 2017

Stadion Gelora Haji Agus Salim

Dibuat oleh Aziz Nurzaman Pada Selasa, 10 November 2015 19:29 - Indonesia

Stadion Gelora Haji Agus Salim

HanyaBola.com - Kota Padang, Sumatera Barat mempunyai sebuah stadion yang bernama Gelora Haji Agus Salim yang selesai dibangun pada tahun 1985 dan berkapasitas 10.000 tempat duduk. Stadion ini merupakan home base dari Semen Padang yang berlaga di ISL dan PSP Padang yang berlaga di Divis Utama.


Pada tahun 1983, stadion H. Agus Salim ini dibangun untuk mempersiapkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ-13) dan yang dibangung hanyalah pada tribun barat dan selatan saja. Pada saat pelaksanaan MTQ selesai, Pemerintahan Daerah Tk. I Sumatera Barat yang dipimpun oleh Gubernur Ir. H. Azwar Anas, memerintahkan untuk melanjutkan pembangunan Gelora Haji Agus Salim untuk menambahkan tribun terbuka pada wilayah timur dan utara.


Sebenarnya, Kota Padang ini mempunyai dua stadion yang bernama Imam Bonjol dan Gelora Haji agus Salim. Tapi, sekitar tahun 1992, stadion Imam Bonjol terpaksa dibongkar dan dijadikan sebagai tamam kota oleh pemerintah padang dan dari saat itulah hanya ada satu stadion yaitu Haji Agus Salim yang di kella oleh pemerintah Kota Padang.


Stadion Gelora Haji Agus Salim ini diambil dari nama seorang Pahlawan Nasion Indonesia dan juga mantan Menteri Luar Negeri Indonesia, yang dulunya memperjuangan untuk merdeka. Pahlawan dan Menteri ini berasal dari Koto Gadang, Kabupaten Agam.

Advertisement

Pada tahun 2009 tepatnya tanggal 30 September, Kota Padang ini diterjang gempa dan merusak sebagian besar fasilitas stadion H. Agus Salim ini. Renovasi yang dilakukan oleh PT Semen Padang yang disetujui oleh pemerintah melakukan perbaikan pada bidang pagar, ruang ganti pemain, rumput, tanah yang retak dan gersang, kalau dilihat hampir 95% semuanya direnovasi kembali dan sekarang berkapasitas 28000 tempat duduk. Hal ini dilakukan karena Semen padang akan berlaga di Liga Super Indonesia dan harus benar-benar memenuhi syarat stadion yang layak untuk dipakai oleh PSSI.


Musim 2010 dan 2011, tepatnya setelah perbaikan itu semuanya selesai, Semen Padang pun akhirnya bisa kembali ke home base mereka yang sebelumnya menyewa beberapa stadion untuk laga kandang di Liga Super Indonesia.


Lebih enaknya lagi, Pada awal tahun 2015 stadion Gelora Haji Agus Salim ini dioper alihkan yang dulunya dikelola oleh Pemerintah Privinsi Sumatra Barat dan sekarang dipegang oleh Pemerintah Kota Padang dengan kesepakatan Pinjam pakai selama 5 Tahun dan itu bisa saja diperpanjang atau tidak. Dengan adanya kesepatakan seperti ini, jadi Semen Padang lebih enak dan dalam hal pengelolaan stadion pun lebih leluasa dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang itu Sendiri.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top