Header Rabu, 20 September 2017

Stadion Gelora 10 November (G10N)

Dibuat oleh Aziz Nurzaman Pada Selasa, 10 November 2015 19:35 - Indonesia

Stadion Gelora 10 November (G10N)

HanyaBola.com - Selain dari stadion Gelora Bung Tomo, didaerah Surabaya yang menjadi markas Persebaya juga terdapat stadion lain yakni Stadion Gelora 10 November (G10N) yang terletak di Kecamatan Tambaksari Surabaya dengan kapasitas 35000 tempat duduk. Stadion G10N ini sering disebut juga dengan Stadion Tambaksari karena letaknya terdapat dikecamatan tersebut, stadion ini memiliki multi fungsi dan menjadi kebanggan para arek-arek Suroboyo atau sering disebut juga dengan Bonek Mania (Suporter Persibaya).


Nama Stadion Gelora 10 November ini diambil dari tanggal dibangunnya stadion itu sendiri yang terjadi pada tahun 1945 tanggal 10 Novermber.


Tidak hanya untuk bermain sepakbola, Stadion Gelora 10 November ini juga sering dipakai untuk berkumpul para NU Se-Jatim bila ada acara yang dilakukan mereka seperti Istgosah ataupun doa bersama.


Stadion G10N ini juga pernah mengadakan Event Terbesar dahulu tahun 1969 yakni untuk penyelenggaraan PON VII Jawa Timur. Selain itu, pada tahun 2007, Stadion ini menjadi penyelenggara babak 8 Besar Divisi Utama Liga Indonesia. Hal ini disebabkan karena dipindahkannya penyelenggaraan yang awalnya akan dilaksanakan di Stadion Brawijaya lalu dipindahkan ke Stadion Gelora Delta dan akhirnya pindah lagi ke Stadion Gelora 10 Novermber ini.

Advertisement

Sejarah kelam pernah terjadi di Stadion G10N ini, pada saat Persebaya 1927 Berhadapan dengan Persija Jakarta dalam Liga Primera Indonesia yang akhirnya menewaskan satu orang Bonek dan belasan lainnya luka-luka karena terinjak saat sedang berlarian keluar stadion untuk menghindari tembakan gas air mata dari polisi. Hal itu dipacu pada saat seorang polisi memukul salah satu Bonek yang hendak ingin mengambil spanduk di sentel ban lapangan.


Pada kondisi sekarang, stadion ini sudah tertinggal jauh dari segi fasilitas karena sangat jarang dipakai untuk liga terbesar di Indonesia. Stadion Gelora 10 November ini hanya mendapatkan C+ dalam hal segi kategori dan segalanya padahal kalau dilihat dari sejarah dan kejayaannya dulu sangat berharga bagi warga Jawa Timur khususnya penggawa Persebaya Surabayar dan para Bonek Mania.


Detail Kondisi dari Stadion Gelora 10 November


Drainase : C+

Fasilitas : C+

Kondisi : C+

Papan Skor : B

Penerangan : B

Rumput : B

Tribun : C+

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top