Header Selasa, 19 September 2017

Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Dibuat oleh Aziz Nurzaman Pada Selasa, 10 November 2015 19:41 - Indonesia

Stadion Gelora Delta Sidoarjo

Stadion Gelora Detla yang terletak di Sidoarjo ini adalah salah satu stadion yang bertipe multi fungsi karena selain untuk bermain sepakbola didalamnya juga terdapat lintasan atletik. Kapasitas dari stadion ini dapat menampung 35000 orang. Pembangungan yang selesai pada tahun 2000, menjadikan stadion ini sebagai penyelenggara Event besar seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Timur pada tahun 2000 dan sekarang stadion ini menjadi markas besar dari Deltras FC Sidoarjo yang berlapa di Super Liga Indonesia.


Selain lapangan dan lintasan atletik, didalam stadion ini juga dibangung sebuah musium PON Jawa Timur yang terletak didepan stadion. Selain digunkan untuk PON, Stadion Delta ini juga digunakan untuk menggelar Final Piala Copa Indonesia pada tahun 2006 yang mempertamukan antara Arema VS Persipura yang berkesudahan dengan akhir 2-0 untuk kemenangan Arema. Pada tahun selanjutnya yaitu tepatnya 2007, Stadion Delta ini menjadi saksi bisu pembukaan Piala Indonesia dan menjadi stadion untuk Qurter Final Divisi Utama Liga Indonesia musim 2006/2007.


Setelah lama tidak terpakai untuk event-event besar, Stadion Delta Sidoarjo tampil kembali pada tahun 2013 untuk menjadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 dan menjadi markas bagi Timnas Indonesia yang untuk pertama kalinya menjuarai Turnamen ini dengan mengalahkan Vietnam pada partai Final dengan adu Penalti.

Advertisement

Pada Tahun 2014, Stadion Delta juga dipakai untuk laga Semi Final dan Final Divisi Utama Liga Indonesia musim 2013/2014. Selain untuk dipakai Semi dan Final Divisi Utama, pada tahun tersebut stadion Delta ini juga dipakai untuk menggelar laga Semi Final dan Final Piala Suratin 2014 yang memperteukan antara Jember United U-18 VS Persis Solo U-18 dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Jember United.


Dengan sering diselenggaranya event-event besar seperti itu, stadion Delta kini tidak dipandang lagi sebelah mata karena dapat mengalahkan stadion ternama lainnya yang sering dijadikan sebagai markas tim besar yang berlaga di Indonesia Super League (ISL). Stadion Delta Sidoarjo ini terdapat pada kategori stadion Indonesia yang sangat baik karena berada pada peringkat B.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top