Header Kamis, 15 November 2018

Liga 'Tarkam' Membawa Bencana, Zulham Zamrun Mesti Istirahat Delapan Bulan

Dibuat oleh M Khalifa Pada Kamis, 12 November 2015 10:57 - Indonesia

Liga 'Tarkam' Membawa Bencana, Zulham Zamrun Mesti Istirahat Delapan Bulan

HanyaBola.com | Persib - Hal yang dikhawatirkan benar-benar terjadi. Sejumlah pemain pilar Persib Bandung pulang dari ajang sepak bola "tarkam" dengan kondisi cedera. Dalam Turnamen Piala Habibie 2015 yang berakhir Selasa (10/11/2015), pemain cedera itu adalah Zulham Zamrun dan Jajang Sukmara. Tampilnya para pemain dalam turnamen itu karena tidak adanya kontrak permanen menyusul tidak jelasnya kompetisi sepak bola Tanah Air.


Tak kurang, Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman merasa shock dengan kabar buruk terkait cedera yang dialami Zulham. Ia tak menyangka cedera lutut yang dialami Zulham cukup parah dan memaksa topskor serta pemain terbaik Piala Presiden 2015 itu menepi selama delapan bulan. Jika benar demikian, maka Zulham bukan bagian dari rencana strategi Persib di Piala Jenderal Sudirman (PJS) 2015. Padahal sebelumnya pemain berusia 27 tahun itu digadang-gadang bakal jadi andalan lini depan Persib di turnamen tersebut.


"Terus terang saya merasa kaget dan nyesek juga dengan kabar cedera Zulham. Saya kira dia sudah baikan karena memang sedang menjalani terapi. Tapi setelah ada kabar tersebut berarti kita harus siap tanpa Zulham," kata Djadjang kepada wartawan, di Mess Persib, Kota Bandung, Kamis (12/11/2015).


Dengan bakal absennya Zulham, tak membuat Djadjang mengubah skema. "Zulham memang hampir dipastikan tak bisa perkuat Persib. Tapi meskipun begitu, saya tidak akan mengubah skema permainan yang sudah kita kembangkan. Karena ketika ada pemain yang tidak hadir tidak serta merta mengubah skema yang ada," katanya.


Sebelumnya, Persib juga dipastikan tak diperkuat M. Ridwan. Karenanya di posisi sayap Persib tinggal menyisakan Atep, Tantan dan Febri Haryadi. "Saya pikir dengan mepetnya waktu sulit untuk mencari pengganti terutama pemain lokal," ujar Djadjang.

Advertisement
Pemain yang absen lainnya adalah Shahar Ginanjar yang berpindah ke Mitra Kukar, serta Vladimir Vujovic yang masih berada di Montenegro.


Status Zulham sendiri sebetulnya sudah dapat dipakai oleh Persib, karena Manajemen Persipura Jayapura telah mengeluarkan izin pada Zulham untuk memperkuat Persib di turnamen PJS 2015. Sebelumnya selama beberapa hari status Zulham digantung. Namun kini Persipura mengeluarkan surat pelepasan (release letter) terkait status Zulham. "Kami, Manajemen Persipura Jayapura mengeluarkan release letter yang diinginkan oleh pihak Mahaka terkait pemain yang dipinjamkan ke klub lain," kata Media Officer Persipura Jayapura, Bento Madubun, dilansir viva, Kamis (12/11/2015).


Dalam release letter yang dibuat, Bento mengaku telah memberikan izin kepada Zulham untuk memperkuat Persib pada ajang PJS 2015 setelah "Maung Bandung" mengirimkan surat permohonan. "Di situ juga jelas manajemen Persipura Jayapura memberikan izin kepada Zulham untuk memperkuat Persib di ajang PJS 2015. Kami memberikan surat jawaban kepada Persib. Mereka memohon kepada kami, kami berikan jawaban," tutur Bento.


Latihan terakhir
Sementara itu, meski diguyur hujan lebat, Persib tetap menjalani latihan terakhir sebelum bertolak ke Surabaya di Lapangan Sesko TNI, Jalan Gatot Subroto Kota Bandung, Kamis (12/11/2015) sore. Pada sesi latihan tersebut jumlah pemain Persib semakin lengkap dengan bergabungnya Firman Utina dan Abdul Rahman seusai berlaga di Habibie Cup 2015. Ditambah dengan lima pemain U-21 yakni Ary Achmad dan Sugianto, Febri Haryadi, Gian Zola dan Sidik Permana.

Djadjang menyampaikan, sesi latihan tersebut untuk mematangkan skema. Terutama dengan kombinasi dua pemain Diklat Persib yang nantinya bakal dimainkan sebagai starter di setiap pertandingannya. "Saya tidak akan mengubah skema permainan yang sudah kita kembangkan. Karena ketika ada pemain yang tidak hadir tidak serta merta mengubah skema yang ada," katanya. ***

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top