Header Rabu, 22 November 2017

Sang Pelatih Terbaik Indonesia, Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia

Dibuat oleh Irfan Ruswandi Pada Kamis, 19 November 2015 15:18 - Indonesia

Sang Pelatih Terbaik Indonesia, Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia
HanyaBola.com - Dunia sepak bola nasional kehilangan sosok pahlawan olah raga yang juga merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, Sinyo Aliandoe (75). Sinyo meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS Mayapada, Rabu (18/11/015) sekitar pukul 07.00. Sinyo memang sudah lama sakit. Dia mengalami ganggungan ingatan dan kabarnya kondisi sudah terus menurun sejak April lalu. Tahun lalu, dia sempat tersesat selama sepekan karena lupa jalan menuju rumahnya, sebelum akhirnya ditemukan polisi dan di bawa pulang keluarganya.
Advertisement
Jenazah pelatih yang akrab dipanggil Bung Sinyo ini disemayamkan di rumah duka RS St Carolus, Jakarta. Semasa mudanya, dia seorang pemain. Dia membela Persija di Jakarta era 70-an. Namun karirnya sebagai pemain tidak lama, dia berhenti setelah mengalami cedera parah, patah kaki tulang pergelangan kakinya. Bung Sinyo pun banting setir menjadi pelatih. Sebagai pelatih, dia banyak menerapkan skill teknis kepada para pemainnya dari pada hanya mengandarkan diri pada keberuntungan. Kalkulasinya di dalam menghitung kemampuan para pemainnya tidak diragukan lagi.

Puncak kejayaannya dalam karirnya sebagai pelatih ada di era 1980-an, saat hampir membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 1986 sebelum akhirnya dihentikan Korea Selatan di Babak Playoff.Ia juga menelurkan banyak pemain besar seperti Bambang Nurdiansyah, Rully Nere, Zulkarnain Lubis, Herry Kiswanto, hingga Ferrel Raymond Hattu dengan kepemimpinannya yang tegas tapi dapat menerjemahkan instruksi dengan baik. ***

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top