Header Kamis, 21 September 2017

Deretan Kiper Terbaik Menurut Buffon Dari Masa Ke Masa

Dibuat oleh Ari Hermansyah Pada Jum'at, 20 November 2015 16:36 - Italia

Deretan Kiper Terbaik Menurut Buffon Dari Masa Ke Masa

HanyaBola.com - Akhir pekan ini kiper utama Juventus, Gianluigi Buffon akan merayakan 20 tahun kariernya menjadi seorang kiper. Selama kiprahnya sebagai seorang kiper, dirinya mengakui ada banyak sederet kiper-kiper terbaik dari masa ke masa. Lalu siapa saja kiper-kiper tersebut ?


Buffon mengawali karier profesionalnya sebagai seorang kiper sejak masih berusia 17 tahun. Kala itu dia bergabung dengan Parma pada tahun 1995 sebelum akhirnya berlabuh di Juventus pada tahun 2001 sampai saat ini.


Selama kiprahnya sebagai seorang kiper profesional, pengalaman Buffon tentunya sangat banyak sekali baik itu di liga domestik maupun di level Eropa dan dunia. Kariernya bersama klub Buffon sudah mengantongi 603 penampilan bersama Parma dan Juventus, serta 154 penampilan untuk timnas Italia.


Deretan gelar dan pengkuan publik pun berhasil ia dapatkan selama kariernya sebagai seorang kiper. Pada tahun 2002/2003, UEFA memilih Buffon sebagai kiper terbaik saat itu. Di tahun 2003 itu pula Buffon terpilih menjadi kiper terbaik Eropa. Dan untuk liga domestik, Buffon terpilih sebanyak sembilan kali jadi kiper terbaik. Pencapaian sukses itu semakin sempurna dengan torehan-torehan titel juara dari klub yang dibelanya. Buffon mengoleksi satu trofi Piala Dunia serta enam kali gelar juara Serie A.


Akan tetapi dirinya menilai masih banyak lagi kiper-kiper yang lebih pantas mendapat gelar kiper terbaik dari zaman ke zaman, termasuk saat ini juga.


"Kiper terbaik di era saya adalah Casillas. Dia selalu menunjukkan penampilan terbaik ketika menggunakan tangannya," ungkap Buffon seperti yang dikutip oleh Football Italia.

Advertisement

"Orang-orang selalu bilang Lev Yashin, Ricardo Zamora, Dino Zoff, Sepp Maier dan Gordon Banks. Kalau aku harus memilih siapa yang terbaik di era saya, saya akan bilang Schmeichel, Walter Zenga, Gianluca Pagliuca, Andoni Zubizzareta.


"Dalam dekade terakhir ini, Cech dan Casillas adalah yang terbaik. Satu lainnya adalah Manuel Neuer. Dia sangat bagus dalam mengantisipasi bola-bola atas. Sementara Cech adalah seorang kiper dengan kemampuan yang komplit," kata dia.


Berposisi sebagai palang pintu terakhir gawang Juventus selama bertahun-tahun juga membuat ia dapat menilai striker-striker yang menakutkan yang pernah dihadapinya. Bagi Buffon, ada tiga striker yang selalu membuat dirinya harus bekerja lebih ekstra lagi dalam mengamankan gawangnya.


"Yang terbaik tentunya Raul dengan Fernando Torres ada di urutan kedua. Ismael Urzaiz juga sempat amat kuat di masanya," ucap dia.


Kehebatan Buffon akan kembali di uji dalam lanjutan Serie A pada Minggu (22/11/2015) dinihari WIB. 'La Vecchia Signora' akan menjamu AC Milan di Juventus Stadium.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top