Header Minggu, 17 Desember 2017

Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Dibuat oleh M Khalifa Pada Kamis, 14 Juli 2016 00:59 - Kesehatan

Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami
Seseorang yang mengalami kekurangan sel darah putih disebut menderita leukopenia. Penyakit ini terjadi saat sel yang bertugas melawan penyakit atau leukosit mengalami penurunan. Batas ambang jumlah sel darah putih berbeda-beda menurut beberapa praktik medis. Orang sehat bisa saja memiliki jumlah sel darah putih lebih rendah dari jumlah yang dianggap normal. Jumlah 4000 per microliter umumnya dianggap rendah. Namun sekali lagi, ambang batas rendah ditentukan oleh faktor-faktor tertentu seperti jenis kelamin dan usia.


Sebelum menjelaskan inti dari artikel ini tentang cara menambah sel darah putih secara alami, ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab kekurangan sel darah putih. Selain karena dipengaruhi obat-obatan tertentu seperti diuretik dan antibiotik, leukopenia juga bisa disebabkan karena kemoterapi, HIV/AIDS, leukemia, terapi radiasi, kekurangan vitamin, parasit, malnutrisi, infeksi, hipersplenisme, dan lain-lain.


Cara meningkatkan jumlah sel darah putih secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan makanan menyehatkan. Berikut kami berikan contoh makanan yang bagus dikonsumsi penderita leukopenia.
1.Minyak kelapa. Rutinlah minum satu sendok minyak kelapa setiap hari. Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, tetapi juga bermanfaat untuk membuat rambut bersinar dan melembutkan kulit.
2.Mengonsumsi makanan mentah. Pernahkah Anda mendengar istilah raw food? Raw food adalah makanan untuk dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. Untuk mencegah dan mengatasi penyakit leukopenia, mengonsumsi makanan mentah bisa jadi solusi baik. Namun pilihlah makanan alami seperti sayuran. Anda bisa rutin mengonsumsi wortel, kubis, brokoli, dan lettuce.

Advertisement
3.Rutin berolahraga. Cara alami meningkatkan jumlah sel darah putih bisa dengan rutin bergerak. Anda bisa memilih olahraga berupa yoga yang tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesehatan jiwa.


Karena memiliki penyakit leukosit berisiko membuat tubuh menjadi rentan terhadpa infeksi, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menghindari penyakit menular. Rajin mencuci tangan dengan teratur dan komplit. Jika perlu, pakai masker wajah untuk menghindari orang yang sedang terkena flu atau penyakit menular lainnya.


Biasanya dokter akan melakukan beberapa upaya termasuk pemberian obat dalam menjaga leukosit ada pada tingkat normal. Hal tersebut dilakukan agar Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat. Secara spesifik, dokter juga akan memberikan masukan mengenai makanan yang meningkatkan sel darah putih ke dalam menu makanan harian Anda.


Berikut beberapa makanan yang baik untuk menjaga kadar sel darah putih dalam tubuh agar selalu normal. Diantaranya adalah makanan yang mengandung zinc seperti almond, tiram, biji bunga matahari, kacang tanah, daging mentah, buncis, dan hati.

Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top