Header Rabu, 22 November 2017

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Dibuat oleh M Khalifa Pada Sabtu, 07 November 2015 22:26 - Stadion

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) merupakan stadion utama kebanggan Indonesia yang terletak di Jakarta Pusat tepatnya satu komplek dengan Gelanggang Olahraga Bung Karno. Nama Stadion Utama Gelora Bung Karno ini diadopsi sebagai bentuk penghormatan pada presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang memang merupakan pencetus pertama pembangunan komplek olahraga dan stadion bertarap Internasional ini.


Pada masa Orde Baru, stadion ini sempat berganti nama menjadi Stadion Utama Senayan. Namun pada tahun 1998 stadion ini kembali memakai nama pertamanya (Stadion Utama Gelora Bung Karno) atas Kepres No. 7/2001.


Stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 ini pada awal mulanya dapat menampung sekitar 100.000 orang penonton dan penyelesaian fase pertamanya pada tahun 1962 dan menjadi salah satu stadion terbesar di dunia. Pada tahun 2007 dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Piala Asia, stadion ini mengalami perombakan dan mengalami pengurangan kapasitas penonton menjadi 88.083 orang penonton.


Stadion yang kini menjadi kandang dari tim kebanggaan Ibukota (Persija Jakarta) ini resmi di buka pada tahun 1962 tepatnya pada tanggal 24 Agustus sekaligus sebagai kelengkapan sarana dan prasaran Asian Games 1962 yang berlangsung di Jakarta.
Pembangunan stadion ini didanai kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang diperoleh pada tanggal 23 Desember 1958. Dengan banyak memakan dana besar dan dengan kapasitas penonton yang di atas rata-rata, menjadikan Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai yang terbesar di Indonesia sekaligus menjadikan satu-satunya stadion di Indonesia yang benar-benar bertarap Internasional sampai sejauh ini.

Advertisement

Stadion ini menjadi salah satu andalan Indonesia untuk berbagai perhelatan akbar pesta sepakbola Internasional seperti Piala AFC, Piala AFF, Asian Games, Sea Games dll. Selain untuk pertunjukan sepakbola, Stadion Utama Gelora Bung Karno ini sering juga dipakai untuk beberapa event-event dan hari-hari besar seperti memperingati 100 tahun kebangkitan nasional, kampanye politik, ujian CPNS serta konser musik.


Stadion Utama Gelora Bung Karno ini adalah salah satu asset terbaik yang menjadi kebanggan bangsa akan kualitas dan standar sarana olahraga khususnya di bidang sepakbola. Untuk tetap menjaga kualitas stadion agar tetap baik, selalu di lakukan pengecekkan dan perawatan mulai dari sarana hingga prasarana yang terdapat di ruang lingkup stadion ini.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top