Header Selasa, 19 September 2017

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Dibuat oleh Aryanto Pada Sabtu, 07 November 2015 22:39 - Stadion

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) adalah homebase baru bagi klub kebanggaan Kota Kembang, Persib Bandung. Berlokasi di Desa Rancanumpang Gedebage, Kota Bandung Jawa Barat tepatnya berada antara ruas Tol Cileunyi-Padalarang KM 151 serta Jalan Bypass Soekarno-Hatta Bandung. Rencananya akses jalan menuju stadion ini akan dibuatkan pintu tol khusus di ruas Jalan Tol Cileunyi-Padalarang KM 149 serta ruas Jalan dari Stasiun KA Cimekar dan dari Jalan Rancanumpang. Selain itu, akan pula di buatkan jalan baru tepat di samping ruas jalan yang sudah ada.


Stadion yang menghabiskan dana 545 miliar rupiah inidapat menampung sebanyak 38.000 penonton (personal seat) yang sebenarnya jika tanpa kursi dapat menampung lebih dari 70.000 orang penonton. Dengan biaya yang tinggi, tentunya stadion GBLA ini dilengkapi fasilitas-fasilitas lengkap dan terbaik demi memenuhi misi menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia dengan taraf Internasional.


Rumput dengan jenis yang sama yang digunakan pada stadion Si Jalak Harupat yakni Zoyzia Materlla (Linn) Merr yang merupakan rumput terbaik standar FIFA. Selain itu, stadion ini dilengkapi dengan lintasan atletik, sirkulasi, kantor, servis, e-board, scoring board, kursi dengan merk Ferco serta tribun atap full yang mengelilingi lapangan.


Stadion kebanggaan warga Kota Bandung ini mulai di bangun pada oktober 2009. Karena banyaknya masalah teknisi dan akses jalan membuat pembangunan stadion banyak terhambat. Yang pada awalnya di prediksi akan rampung hanya dalam 2-3 tahun tapi pada kenyataannya dapat dirampungkan hampir 4 tahun yakni di tahun 2013.

Advertisement
Stadion ini di resmikan oleh Dada Rosada, Walikota Bandung yang dihadiri dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan serta Wakil Gubernur Jawa Barar Dede Yusuf serta oleh Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda dengan beberapa pihak lainnya yang dihadiri oleh sekitar 5000 orang.


Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini di proyeksikan sebagai pembukaan PON 2016 yang akan di gelar di Jawa Barat. Tentunya event ini akan menjadi momentum sejarah dari stadion yang di gadang-gadangkan sebagai salah satu stadion modern bertaraf Internasional yang akan di persiapkan Indonesia dalam rangka mewujudkan mimpi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top