Header Kamis, 21 September 2017

Stadion Jakabaring Gelora Sriwijaya Palembang

Dibuat oleh Aryanto Pada Sabtu, 07 November 2015 22:47 - Stadion

Stadion Jakabaring Gelora Sriwijaya Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya (Stadion Jakabaring) merupakan stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia di bawah Stadion Utama GBK dan Stadion Utama Palaran. Stadion ini berlokasi di Jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring Palembang Sumatera Selatan. Stadion bertaraf Internasional ini memiliki infrastruktur sarana dan prasarana dengan kualitas yang sangat baik sehingga menjadikan Stadion Gelora Sriwijaya sebagai salah satu stadion terbaik di Indonesia.

Berkapasitas 40.000 orang penonton dengan luas lahan yang di pakai mencapai 40 hektar dengan di kelilingi tribun tingkat dengan empat kategori tribun, yakni tribun A, B, C dan D yang mengitari lapangan. Stadion ini dilindungi atap dengan topangan 2 pelengkung (arch) sebagai simbol dari kejayaan kerajaan Sriwijaya di bidang maritim.

Stadion ini dibangun pada awal tahun 2001 tepatnya pada tanggal 1 Januari yang di proyeksikan sebagai tempat penyelenggaraan PON XVI yang ketika itu Palembang terpilih sebagai tuan rumahnya pada tanggal 2 September 2004. Nama Stadion Gelora Sriwijaya ini pun tak lepas dari sejarah lokasi yang pada abad ke 7 hingga ke 12 tepat pada lokasi stadion tersebut dulunya merupakan tempat berdirinya kerajaan Sriwijaya yang berhasil menyatukan wilayah nasional sebelah barat.

Advertisement
Stadion Gelora Sriwijaya ini kebanyakan difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan event-event atau pertandingan-pertandingan sepakbola nasional dan internasional. Adalah Sriwijaya FC yang menjadikan stadion ini homebase mereka untuk laga-laga pertandingan home dari berbagai kompetisi dalam dan luar negeri.


Pada tahun 2007, stadion ini menjadi salah satu tuan rumah dari Piala Asia. Opening Ceremony serta Closing Ceremony nya pun di gelar di stadion ini. Hal ini merujuk pada hasil pantauan dari pihak Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang menilai stadion ini sebagai salah satu dari 3 stadion berstandar A AFC di Indonesia selain Stadion Utama GBK dan Si Jalak Harupat.

Stadion Gelora Sriwijaya Palembang ini seakan menjadi salah satu percontohan pembangunan stadion modern bertaraf internasional bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Hampir di setiap kota besar di Indonesia yang mempunyai tim-tim professional sudah memiliki stadion dan bahkan ada yang sedang membangun stadion untuk lebih memajukan kualitas persepakbolaan Indonesia terutama dalam rangka mewujudkan mimpi Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia yang selalu sirna karena permasalahan keterbatasan stadion dengan standar dan kualitas Internasional.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top