Header Selasa, 19 September 2017

Stadion Si Jalak Harupat Seoreang Bandung

Dibuat oleh Aryanto Pada Sabtu, 07 November 2015 23:36 - Stadion

Stadion Si Jalak Harupat Seoreang Bandung

Stadion Si Jalak Harupat terletak di Soreang Kabupaten Bandung tepatnya di desa Kopo dan Cibodas. Pemberian nama Si Jalak Harupat ini merujuk pada julukan salah satu pahlawan nasional dari Bojongsoang Bandung yakni Otto Iskandardinata.

Stadion ini didirikan mulai dari Januari 2003 pada masa pimpinan bupati Kabupaten Bandung, Obar Sobarna. Stadion ini baru diresmikan oleh Agum Gumelar selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia pada tanggal 26 April 2005 yang bertepatan dengan hari jadinya Kabupaten Bandung.

Stadion yang mampu menampung jumlah penonton hingga 40.000 orang ini menghabiskan dana sebesar 67,5 miliar rupiah yang berasal dari dana APBD Pemerintah Kabupaten Bandung. Dengan biaya yang terbilang besar ini tentunya di lengkapi dengan fasilitas terbaik seperti rumput jenis zoyzia matrella lin mer, lampu 1.000 lux untuk pertandingan di malam hari, papan skor elektronik, lintasan atletik, toilet, kantin, looker room, ruang wasit dll.

Sebagai satu-satunya tim sepakbola profesional Kabupaten Bandung, Persikab menjadikan stadion Si Jalak Harupat sebagai homebase mereka. Selain Persikab, tim Kota Bandung (Persib) juga menjadikan Si Jalak Harupat sebagai homebase sementara seiring dengan belum rampungnya sarana infrastruktur dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan menjadi homebase permanen dari Persib Bandung sendiri. Tim lain pun pernah bermarkas di stadion ini, seperti Pelita Bandung Raya (PBR) / Pelita Jaya.

Advertisement

Stadion Si Jalak Harupat juga sering menjadi pendamping Stadion Utama GBK dalam event-event Internasional seperti Piala Asia AFC 2007, Liga Champions Asia kala menjadi homebase Persib waktu bermain di fase Playoff Liga Champions Asia serta Piala AFC kala Persib tidak lolos dari fase playoff Liga Champions Asia.

Stadion ini terus dilakukan renovasi demi mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada demi memenuhi standar stadion bertarap Internasional. Mulai dari tribun penonton, loket tiket, ruang ganti pemain terus di renovasi hingga Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) menetapkan Si Jalak Harupat sebagai stadion yang telah memenuhi syarat standar Internasional. Hal ini pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kota Kembang khususnya.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top