Header Minggu, 19 November 2017

Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang Saksi Bisu Pembukaan Piala Sudirman

Dibuat oleh Aryanto Pada Sabtu, 07 November 2015 18:56 - Stadion

Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang Saksi Bisu Pembukaan Piala Sudirman

Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang akan menjadi saksi pembukaan sebuah turnamen dalam rangka mengisi kekosongan jadwal liga seiring dengan pembekuan PSSI oleh Menpora yang berujung pada sanksi FIFA. Salah satu tujuan digelarnya turnamen ini pun untuk membangkitkan kembali gairah sepakbola nasional yang diharapkan akan menjadi era baru kebangkitan sepak bola tanah air.

Rencananya Piala Sudirman akan di buka pada tanggal 10 November 2015 oleh Presiden Jokowi yang secara simbolis kick-off pertama pun akan dilakukan oleh Jokowi. Setelah peresmian Piala Sudirman dibuka, maka akan langsung di gelar pertandingan perdana yang akan mempertamukan tim tuan rumah Arema Cronus dengan Persegres Gresik United di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Terlepas dari itu, mari kita intip sejarah dan spesifikasi dari stadion yang menjadi kebanggaan Kabupaten Malang ini.

Stadion Kanjuruhan tepatnya berada di daerah Kapanjen, Kabupaten Malang Jawa Timur dengan kapasitas penonton 40.000 penonton. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 1997 dan mulai di buka pada tanggal 9 Juni 2004 yang diresmikan secara langsung oleh Presiden Megawati Soekarno Putri ketika pembukaan pertandingan kompetisi Divisi Satu Liga Pertamina yang kala itu langsung mempertemukan tim tuan rumah Arema menghadapi PSS Sleman dengan hasil akhir 1-0 untuk kemenangan Arema.

Advertisement
Stadion yang menghabiskan dana lebih dari 35 miliar rupiah ini pernah menjadi salah satu saksi bisu pertandingan bergengsi tingkat Asia yang mana pada tahun 2010 Arema menjadi perwakilan Indonesia dalam gelaran Liga Champions Asia, serta pada tahun 2013 dalam gelaran AFC Cup.

Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang ini masih menggunakan rumput lokal, namun dengan struktur tanah yang bagus, menjadikan laju bola menjadi bagus pula dan dapat meminimalisir resiko cedera pemain. Selain itu, stadion yang memiliki luas 3.5 hektar ini dilengkapi pula dengan lampu stadion Lux, tribun penonton tertutup dengan berbagai kategori, loket karcis, media center, ruang ganti pemain, ruang pemanasan, ruang mandi, toilet, gudang alat olahraga, ruang medis, ruang fitness, ruang wasit dll.

Net TV selaku official broadcast akan menyiarkan secara langsung pertandingan perdana Piala Sudirman di stadion ini yang rencananya akan dimulai pada pukul 18.30 WIB. Total 47 pertandingan Piala Sudirman akan disiarkan langsung oleh Net TV, mulai dari babak penyisihan hingga tanggal 1 Desember, babak delapan besar pada tanggal 12 Desember 2015 sampai 22 Januari 2016, semifinal pada tanggal 9 Januari 2016 hingga partai puncak (final) pada tanggal 24 Januari 2016 yang rencananya bakal di gelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.


Berita Terkait :


Bagikan :
share fb share g+ share twitter

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

Belum ada komentar
Top